Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

DOOR TO DOOR BERSAMA PRAJA IPDN DI DESA PALINGGIHAN

               (07/09/2023) Staf Desa bersama para Praja IPDN yang sedang melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja di Desa Palinggihan pada Kamis melakukan giat Door To Door atau DTD untuk pendataan UMKM yang ada di Desa Palinggihan, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Kegiatan ini dilakukan guna mencari data ril jumlah dan produk umkm apa saja yang ada di desa.             Pelaksanaan kegiatan DTD ini didasarkan pada salah satu tujuan kegiatan BKP yaitu membantu digitalisasi desa melalui Webdesaku. Data yang yang diperoleh seperti jumlah UMKM, Produk UMKM dan Alamat UMKM kemudian diupload ke Webdesaku demi kepentingan e-commerce, sehingga orang-orang dapat dengan mudah mencari informasi dan bahkan langsung membeli produk UMKM masyarakat Desa Palinggihan.            Tercatat ada 35 pelaku usaha yang terdata pada kegiatan Door To Door ini. Sejalan dengan dengan itu dari desa sendiri, Kepala Seksi Pelayanan Desa Palinggihan, Ibu Ilfi Johar Nafisah, M.Pd mencanangkan program pendaftaran izin usaha melalui pembuatan Nomor Izin Berusaha atau NIB. Fungsi NIB sendiri adalah sebagai indentitas resmi yang mengidentifikasi dan mengenali badan usaha atau usaha perseorangan.             Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan Door To Door ini dapat membantu majunya perekonomian masyarakat desa palinggihan.

PRAJA IPDN BERKASUS ? ADA POLISI DI KANTOR DESA PALINGGIHAN

(07/09/2023) Kepala Seksi Pelayanan desa Palinggihan (Kasi Pelayanan) Ilfi Johar N., M.Pd memimpin rembuk bersama praja IPDN yang melaksanakan Bhakti Karya Praja (BKP) di desa Palingihan. Rembuk kali ini membahas tentang salah satu program kerja para praja IPDN dalam upaya peningkatan digitalisasi melalui Webdesaku dengan melengkapi data profil desa dan UMKM yang ada. Hadir dalam rembuk ini dari Perangkat Desa diantaranya Lurah Palinggihan Lukman Alamsyah; Kasi Pelayanan Ilfi Johar N., M.Pd; Operator Desa Siti Rohimah Alawiah; para Ketua RT/RW sedesa Palinggihan, serta Bhabinkamtibmas yang melekat pada Desa Palinggihan. Kegiatan pendataan profil desa dan UMKM yang ada di Desa Palinggihan dilakukan dengan merekap data yang ada pada desa serta langsung turun kelapangan dengan sIstem jemput bola. Untuk efisinsi kerja, kegiatan jemput bola pendataan UMKM sedesa Palinggihan dilakukan dengan membagi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari Praja IPDN, Ketua RT/RW dan Staf Desa. Sejalan dengan itu, dari desa sendiri juga memiliki program pemberian ijin dengan pendaftaran NIB. Program canangan Kasi Pelayanan ini dilakukan dengan tujuan membantu masyarakat ekonomi menengah kebawah untuk mendapatkan perizininan usaha.

PENYAMBUTAN DAN PELAPORAN PRAJA YANG MELAKSANAKANKAN BHAKTI KARYA PRAJA DI DESA PALINGGIHAN

(06/09/2023) Rabu pagi tepatnya pukul 07.30 Kantor Sekretariat Desa Palinggihan kedatangan Praja Utama tingkat 4 dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau disingkat IPDN kampus Jatinangor. Kedatangan para Praja ini dimaksudkan untuk menjalankan kegiatan Bhakti Karya Praja atau BKP. Sebanyak 7 orang Praja yang terdiri dari 5 orang satuan putra dan 2 orang satuan putri disambut dan diterima. Kedatangan pada hari rabu, 6 September 2023 dilakukan untuk pelaporan dan pembahasan program kerja selama Bhakti Karya Praja. Bhakti Karya Praja sendiri dicanangkan akan terlaksana selama 14 hari tepatnya pada tanggal 5 s.d. 18 September 2023. 2 minggu saja, memang waktu yang singkat namun diharapkan terjalin eratnya silahturahmi dan terlaksananya tugas serta program kerja yang  telah dibahas.           Bhakti Karya Praja atau yang disingkat BKP adalah wujud kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Satuan Praja Utama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan bimbingan para dosen sebagai bentuk TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI dengan cara membekali pengalaman belajar secara empirik di tengah-tengah kehidupan masyarakat untuk turut serta membantu memecahkan persoalan berdasarkan Kompeteni keilmuan masing-masing praja. Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di IPDN dalam program vokasi (D4) dikembangakan melalui keterpaduan jalur Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan (JARLATSUH) atau dengan nama lain TRI TUNGGAL TERPUSAT.            Kegiatan BKP sendiri dimaksudkan untuk membantu pemerintahan daerah dan mendorong Praja meningkatkan kemampuan dan keterampilan Praja dalam mencermati dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah desa / kelurahan dan masyarakat, kemudian dituangkan dalam laporan BKP. Tugas dalam kagiatan BKP kali ini adalah membantu Pemerintahan Daerah dalam mewujudkan database desa melalui WEBDESAKU untuk percepatan pembangunan desa di Kabupaten Purwakarta, melatih praja untuk mendokumentasikan, mengidentifikasi, menginventarisis dan menganalisis permasalahan serta solusi untuk pemecahan permasalahan tatakelola Pemerintahan Desa sebagai sarana Pembelajaran dan menghasilkan laporan karya ilmiah dalam memahami permasalahan penyelenggara tatakelola pemerintah desa. Melalui penalaran praja berbasis kompetensi diharapkan mampu menyelami kedalaman situasi, kondisi, masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat di lapangan dengan pendekatan interdisiplin secara ilmiah serta terjalinnya tali silahturahmi dengan perangkat desa serta masyarakat Desa Palinggihan.